Jumat, 11 Maret 2016



Aquaponics Dissolved Oxygen (DO)

Oksigen - Sizing Anda Aquaponic Air Sistem
kredit: nwestwood 
link: http://www.urbanaquaponics.com/content.php?129-Oxygen-Sizing-your-Aquaponic-Air-System

Keberhasilan suatu usaha aquaponic atau budidaya tergantung pada penyediaan sebagai dekat lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan yang cepat dari ikan mungkin. Dari semua faktor lingkungan, kualitas air dan khususnya, oksigen terlarut (DO) adalah yang paling penting dan kritis.
Meskipun udara yang kita hirup biasanya mengandung sekitar 21% oksigen, oksigen hanya sedikit larut dalam air. Akibatnya, spesies air harus menghabiskan banyak energi untuk menghapus apa yang sedikit oksigen terlarut ada. Suhu, tekanan udara, salinitas, dan ketinggian semua langsung mempengaruhi konsentrasi oksigen di udara dan air.
Selain itu, setiap spesies memiliki berbagai toleransi rendahnya tingkat oksigen terlarut. Salmonids (trout), sebagai sebuah kelompok, membutuhkan 6,0-8,0 mg / L oksigen terlarut. Untuk lele dan nila tingkat minimum yang diijinkan bisa serendah 2.0 atau 3.0 mg / L meskipun tingkat yang direkomendasikan adalah 5,0-6,0 mg / L.
Air dingin akan mengadakan oksigen lebih terlarut dari air hangat. Demikian juga, lebih mudah untuk mencapai tingkat kejenuhan di ketinggian rendah daripada di dataran tinggi.
General Aerasi untuk Sistem Umum - Jawaban Mudah
Kebanyakan pemasok air memberikan lembar data yang dapat membantu Anda dengan cepat menentukan kebutuhan aliran udara umum Anda. Misalnya, grafik AquaticEco untuk diffusers udara mereka di sini menunjukkan jumlah pon ikan diffuser yang diberikan akan mendukung. (Dalam kolom di bawah logo AES biru.) The AS15L 6 "media pori diffuser akan mendukung 14lbs ikan. Ini adalah pedoman umum dan dihitung untuk dewasa Tilapia di permukaan laut dan suhu air 72-78 derajat dengan margin keselamatan yang sehat .
Jika sistem kami di permukaan laut dan kami berencana untuk memiliki 125lbs ikan pada saat panen, kita perlu (125/14 = 8,928) atau 9 diffusers. Pada tingkat yang disarankan, setiap diffuser membutuhkan aliran masukan dari 0,5 cfm udara, sehingga kita perlu pompa yang menempatkan keluar 4,5 cfm (9 x 0,5) di 'kedalaman 3 di tangki kami. Untuk setiap 1.000 kaki dari ketinggian di atas permukaan laut, kebutuhan udara meningkat dengan tambahan 4%. Sebagai contoh, jika sistem kami terletak di Denver, Colorado pada 5.000 kaki, kita perlu diffusers udara 20% lebih untuk mendapatkan hasil yang diinginkan (8,928 x 1,2 = 10,7 atau 11 diffusers). Dalam pengalaman kami pedoman umum ini berisi margin keamanan yang luas. Jika Anda ingin lebih tepatnya menghitung sistem spesifik Anda, baca terus.
Berapa Besar dari Air Pump saya Perlu?
Dalam merancang sebuah sistem aquaponic kita bertanya kepada diri sendiri:1. Seberapa besar dari tangki ikan saya mampu dan masuk ke ruang saya miliki?2. Yang jenis ikan akan saya mengangkat dan berapa banyak saya bisa masuk dengan aman di dalam tangki saya dalam ukuran panen?3. Berapa banyak tumbuh tempat tidur dan / atau tangki rakit apung yang saya perlukan untuk memproses bio-beban dari ikan?4. Seberapa besar dari pompa air yang saya perlukan untuk menyerahkan air tangki ikan setidaknya sekali per jam?5. Akhirnya, Seberapa besar dari sebuah pompa udara dan berapa banyak batu pesawat yang saya butuhkan untuk mempertahankan tingkat yang aman dari oksigen? (Umumnya 6,0 mg / L atau di atas).

Key Budidaya Oksigen Parameter Desain:1. Oksigen (O2) Konsumsi oleh ikan dan bakteri (1)

A. 0.025kg dari O2 yang dibutuhkan per kg pakan diumpankan ke ikan untuk ikan.B. 0.012kg dari 02 yang dibutuhkan per kg pakan makan untuk bakteri nitrifikasi.C. 0.13kg O2 yang dibutuhkan per kg pakan makan untuk bakteri heterotrofik (dapat setinggi 0,5)
Total = 0.5kg dari O2 yang dibutuhkan per kg pakan makan, atau 1/2 lb dari O2 per pon pakan diberi makan.

Penulis sirkulasi Budidaya menyatakan: "Dalam sistem sirkulasi budidaya murni (RAS) rasio 1,0 kg oksigen per 1,0 kg makan pakan adalah aman nilai desain direkomendasikan" (1). Namun, dalam pengalaman kami 0.5kg dari O2 per kg pakan memadai dalam sistem rumah aquaponic tradisional.
Berikutnya kita melihat bagaimana aerasi transfer oksigen ke dalam air. Di Perkotaan Aquaponics kita menggunakan diffusers udara (batu udara). Ada banyak metode lain aerasi, kebanyakan lebih efisien, tapi lebih mahal. Kami akan membatasi diskusi kita ke 6 "diffusers udara dan Anda dapat dengan mudah beradaptasi contoh metode lain.Produksi 2. Oksigen dan Distribusi.A. Ada 21% oksigen di udara normal.B. Ada 0.075 lbs udara di kaki kubik.C. Dengan berat, 23% dari kaki kubik udara adalah oksigen (oxygen lebih berat daripada banyak gas lainnya di udara).D. Tarif standar Oxygen Transfer Efficiency (SOTE) atau tingkat di mana oksigen akan transfer ke air di bawah "standar" kondisi per 1 kaki mendalam. Untuk diffuser 6 "media pori itu adalah 0,01 lbs per kaki mendalam.E. Bidang Transfer Efficiency (FTE) - sebenarnya diuji efisiensi perpindahan berdasarkan kandungan oksigen yang ada air (yang lebih tinggi itu adalah, semakin sedikit akan mentransfer), suhu dan salinitas. Kami menganggap air input pada 68-78 derajat dan 4,0-5,0 mg / L DO yang memberikan FTE sekitar 0,5 (2)

Catatan: Oksigen ditransfer ke dalam air dengan memiliki diferensial density (air oksigen yang rendah untuk pesawat oksigen tinggi), memperlihatkan luas permukaan terbesar oksigen ke dalam air dan dengan menjaga oksigen dalam kontak dari waktu ke waktu. Semakin kecil gelembung, semakin besar luas permukaan, tapi kecil gelembung memerlukan tekanan yang lebih tinggi. diffusers udara menengah pori direkomendasikan sebagai biaya yang paling efektif. Semakin dalam diffusers, maka semakin lama waktu gelembung udara yang terkena air, meningkatkan difusi.
Tanaman dalam sistem juga mungkin memerlukan atau menghasilkan beberapa oksigen (ganggang menghasilkan siang hari, mengkonsumsi pada malam hari). Selain itu, dalam sistem RAS, mungkin ada komponen lain yang memerlukan oksigen. Untuk tujuan artikel ini kita akan bekerja perhitungan seakan tidak ada tuntutan lain. Kami ingin menghasilkan oksigen yang cukup untuk mempertahankan 6,0 mg / L oksigen dalam tangki ikan jika pompa air yang gagal, dengan asumsi 0.5lbs Oksigen per 1 lb pakan diberi makan. (Sekali lagi, dalam pengalaman kami ini lebih dari cukup untuk setup aquaponic khas, termasuk tanaman dan komponen lainnya.)
Mari kita bekerja melalui sistem contoh menggunakan 0,5 ini: 1 rasio dan melihat bagaimana ini semua berjalan bersama-sama.
Mari kita asumsikan kita memiliki tangki ikan di sistem kami yang 250 galon (946 liter). Dan kita membesarkan Rainbow Trout dan bahwa kepadatan tebar akhir adalah 1/4 lb per galon (25-30grams per liter).
Juga menganggap bahwa ikan mengkonsumsi 2% dari massa tubuh mereka saat panen (spesies beragam) atau 1.25lbs (567 g) pakan per hari. (250 galon x 0,25 = 62.5lbs x 0,02 = 1.25lbs pakan per hari).
Warnet di 1 lb Oksigen untuk 1 lb pakan, itu berarti kita perlu 1.25lbs (567g) Oksigen setiap 24 jam atau 0.052lbs (24g) per jam. Atau, menggunakan 0,5-1 oksigen untuk memberi makan ratio, 0.625lbs (284g) / 24 jam, 0.026lbs (12g) per jam.
Rumus untuk injeksi oksigen adalah sebagai berikut:
CFM (ft3 / min) dari lbs perangkat X dari lbs udara / ft3 X oksigen / lb udara X (SOTE X Kedalaman) X FTE X Waktu = lbs dari O2 per Waktu ditransfer.
Untuk istirahat ini turun:CFM (ft3 / min) dari perangkat = 0,5 cfm (Menggunakan 6 "diffusers pori media kami dari Aquaticeco).Lbs udara / ft3 = 0,075 (Berat dari kaki kubik udara)Lbs Oksigen per lb / udara = 0,23 (Berat Oksigen dalam satu pon udara)SOTE = 0.01Kedalaman = 3 '(dengan asumsi tote IBC standar atau melingkar tangki ikan khas).FTE = 0,5Waktu = 60 (menit per jam untuk sampai ke O2 per Hour)
atau
0,5 x 0,075 x 0,23 x (0,01 x 3) x 0,5 x 60 = lbs O2 per jam per 6 "batu = 0,0077625 lbs O2 / hr
Anda dapat menghitung 3 "batu udara atau menghitung kedalaman yang berbeda dengan menggantikan nilai-nilai yang benar.
Kemudian kami membagi kebutuhan oksigen dari sistem misalnya dengan O2 yang dihasilkan oleh masing-masing batu udara untuk mengetahui berapa banyak batu udara yang diperlukan.
0.02604167 / 0.0077625 = 3.35 batu udara di permukaan laut.
Aku di 5000 kaki sehingga dengan kerugian 4% per seribu kaki, saya perlu tambahan 20%. Aku butuh 3,35 batu pesawat x 1,20 = 4,026 batu udara.
Jika saya pergi dengan 4 batu udara (5 akan lebih aman), dan masing-masing batu udara menggunakan 0,5 cfm, maka kita perlu pompa yang menghasilkan minimal 2,0 cfm pada 3 'mendalam. (0,5 x 4 = 2.0).
Dalam sistem saya sendiri saya memiliki cukup ikan untuk mencapai kepadatan 1/2 lb per galon (tidak disarankan). Saya mulai dengan pompa udara yang dihasilkan 2,5 CFM di 3 'dan ikan tumbuh, tingkat oksigen yang terlarut menurun dengan 5,6 mg / L dan saya punya ikan yang tidak makan juga dan menunjukkan tanda-tanda stres dan penyakit. Saya menambahkan pompa kedua udara (sama seperti yang pertama) dan beberapa batu udara lebih (equivalant dari 10) dan tingkat oksigen yang terlarut kembali hingga 6,4 mg / L.
kepadatan lebih tinggi didukung dalam sistem RAS murni melalui penggunaan oksigen murni dan metode aerasi yang lebih efisien. Ini tidak umumnya digunakan atau dibutuhkan dalam sebuah sistem yang dirancang dengan baik dan aquaponics ukuran.

semoga bermamfaat untuk anda 
salam saya...anak aceh

sumber: https://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://viceroy-limited.blogspot.com/p/aquaponics-references.html&prev=search

Tidak ada komentar:

Posting Komentar